cold brew-kopi

Kalo kamu ingin mencoba membuat cold brew di rumah, tapi tidak memiliki cold brewer, nggak perlu bingung, mungkin salah satu dari tiga alternatif cara di bawah ini bisa kamu lakukan, dengan alat-alat yang mungkin sudah kamu miliki di rumah.

Inilah tiga cara yang dapat dilakukan untuk membuat cold brew dengan alat alat yang mudah didapat. Apa saja alat-alat alternatif untuk membuat cold brew di rumah? Berikut ketiga alatnya.

Menggunakan French Press

Membuat cold brew dengan french press, ini adalah salah satu cara paling mudah dan tidak terlalu rumit. Cara membuatnya pun hampir mirip dengan menggunakan cold brewer.

Pertama siapkan kopi yang sudah digiling dengan ukuran medium course, juga sediakan air dengan suhu ruang. Biasanya perbandingan kopi dan air adalah dengan perbandingan 1 : 10 atau 1 : 15. Dimana perbandingan ini tergantung selera kamu dan jenis kopi yang digunakan.

Setelah itu masukkan kopi ke dalam french press, lalu disusul oleh air. Aduk hingga semua kopi tenggelam pada air lalu tutup. Hanya ditutup saja tidak ditekan plunger-nya. Kemudian simpan di lemari es kurang lebih 8 – 12 jam.

Setelah sudah disimpan dalam rentang waktu tersebut keluarkan french press dari lemari es, tekan plunger pada french press. Siapkan cangkir dan batu es jika suka. Saring kopi menggunakan v60 paper filter lalu tuangkan ke cangkir saji. Cold brew coffee siap dinikmati!

Menggunakan Toples Kaca

Membuat cold brew dengan memakai toples kaca kecil untuk dinikmati sendiri. Perbandingan air dan kopi sama seperti poin pertama yaitu 1 : 10 atau 1 : 15. Air yang digunakan juga suhu ruang dengan ukuran gilingan biji kopi nya medium coarse. Lamanya perendaman kopi juga sekitar 9 – 12 jam kemudian disimpan di lemari es.

Ingat sebelum nya kopi harus diaduk dulu dan kemudian ditutup rapat . Setelah itu kopi disaring menggunakan paper filter atau metal filter tergantung selera. Rasa? soal rasa nya, pastinya tak kalah dengan cold brew yang menggunakan cold brewer, asal kita menggunakan biji kopi yang berkualitas, tentunya.

Kontainer Plastik

Kontainer dipilih karena mampu membuat cold brew dalam jumlah yang lebih besar. Cara membuatnya kurang lebih sama dengan poin pertama dan kedua hanya saja jumlahnya yang lebih besar karena cara ini bisa untuk bisnis kopi.

Giling kopi di level medium-course. Lalu tempatkan pada kontainer plastik yang sudah bersih dan kering. Lalu masukkan air bersuhu ruang dengan
perbandingan 1 : 10 atau 1 : 15. Setelahnya aduk hingga semua bubuk kopi terendam sempurna. Tutup rapat dan diamkan di lemari es kurang lebih 9 – 12 jam.

sekarang cold brew kamu siap dinikmati setelah sebelumnya disaring dengan paper filter agar teksturnya clean dan fresh. Nah, yang satu ini pas untuk kamu yang mau mulai berbisnis cold brewer. Baca juga beda kopi Arabika dengan Robusta

Sumber: Otten Coffee

error: Content is protected !!
UA-46938937-2